Apa Tujuanmu Menulis? Cek Tipe Penulis Berdasarkan Tujuan Kamu Menulis

Sebagian besar penulis, pasti setuju kegiatan menulis adalah bekerja untuk keabadian. Sehebat dan sekeren apapun seseorang pada waktu ia hidup, kalau tak menulis, ia akan tenggelam dalam sejarah, begitu kata Pram.

Meskipun tak jarang juga sebuah mahakarya yang terkenal tapi tanpa ada nama penulisnya. Kalau demikian, barangkali tujuan si penulis memang bukan untuk popularitas atau baginya menulis adalah kegiatan iseng belaka.

Terlepas dari tujuan masing-masing penulis menuliskan ide-idenya, tipe penulis ini barangkali ada yang mirip kamu.

1. Menulis Karena Popularitas

Naif kalau ada yang merasa tidak bangga karya tulisnya jadi buah bibir banyak orang. Buah bibir positif, tentunya. Pasalnya, privilege sebuah popularitas biasanya menjadi gerbang bagi pundi-pundi rezeki.

Selain ‘mengejar’ popularitas, ada juga yang menjadikan karya tulis sebagai alat untuk ‘mempertahankan’ popularitas. Pesohor yang tak ingin namanya tertelan sejarah, tulisannya—yang sebetulnya biasa aja—laku keras di pasaran.

Artis Anu atau politisi Bapak Anu dari Parti Ubi Rebus yang menuliskan biografi atau gagasannya jelas menang telak di pasaran daripada penulis yang baru saja memanjat tangga popularitas.

2. Menulis Karena Hobi

Ada yang memang menulis hanya karena ‘ingin’. Ia tak bermaksud mempublikasikannya untuk meraup keuntungan maupun ketenaran. Biasanya penulis seperti ini sering mencurahkan isi hati di blog-blog pribadi atau buku-buku catatan yang kumal dan bau bantal.

Saking merasa terdedikasi hanya untuk dirinya sendiri, terkadang malah justru malu kalau ada orang lain yang membaca dan berkomentar. Ah, bisa aja. Kamu termasuk?

3. Menulis Karena Ingin Menghasilkan Uang

Kata siapa menulis itu tidak membutuhkan modal. Meluangkan waktu, menjamak-qasarkan jam tidur, beli kopi sachet-an dan lintingan tembakau di warung, beli kuota bergiga-giga, dan sabun mandi merupakan tatakan dasar bagi ide-ide mengecambah.

Sudah berlelah-lelah menulis, mengajukan ke penerbit, menunggu sampai cucunya jenggotan, hanya untuk mendapat jawaban ditolak. Kesel, kan?

Bisa saja sih melampiaskan kekesalan itu dengan menerbitkan indie. Tapi bukankah juga butuh modal? Dan sayangnya di artikel ini sedang tidak membahas mengenai cara menerbitkan buku.

Menghasilkan uang secara instan dengan menulis itu bukan mitos, lho. Bahkan ada yang menjadikan profesi ini sebagai pekerjaan utama. Penulis artikel lepas, copy writer, dan ghost writer adalah contoh penulis yang menggotong untung tanpa memusingkan popularitas.

4. Menulis Karena Kegelisahan

Sebetulnya kelahiran sebuah tulisan adalah hasil dari perkawinan sebuah kegelisahan dan ide brilian. Menuliskan kegelisahan secara rutin adalah awal terbentuknya kebiasaan atau hobi.

Bedanya, hobi menulis terkadang digerakkan oleh hanya karena ‘ingin’. Sedangkan kegelisahan didorong oleh sebuah perenungan yang dalam. Perenungan ini kadang didasarkan pada pengalaman empiris. Bisa tentang isu lingkungan, sosial, budaya, dan semesta.

Menuliskan kegelisahan semacam ini biasanya dimiliki oleh penulis idealis, yang mementingkan ‘apa yang ingin disampaikan’ ketimbang ‘apa yang hanya ingin mereka baca’.

Popularitas bukan tujuan utama, tapi begitu tulisan anti mainstream-nya di terima pembaca, ia mendapatkan dua-duanya; nama dan dana.

Jadi, tipe penulis yang manakah kamu?

(remukan kerupuk, berisik tak berisi)

Yogyakarta, 26 Mei 2019

2 thoughts on “Apa Tujuanmu Menulis? Cek Tipe Penulis Berdasarkan Tujuan Kamu Menulis

  1. Menulis untuk membebaskan rasa yang terkungkung oleh stereotip dan pengaruh negatif. Dan hingga saat ini menulis menjadi obat mujarab terapi diri.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s